Ground Run-Up Mesin Pesawat di Dalam Kampus
Mempelajari Komponen Pesawat Cessna 150 Sebagai Bagian Dari Praktikum
Cessna 150 adalah pesawat penerbangan umum roda tiga sayap tinggi (high wing) dua kursi, dirancang untuk pelatihan penerbangan, tur dan penggunaan pribadi.

Pemberian Materi, Pengarahan & Pemeriksaan Komponen Sebelum Start Engine

Tampak Samping Keseluruhan Pesawat Disiapkan Bersama Alat Pemadam Kebakaran
Di hari Selasa pagi ini tanggal 17/01/2023 terlihat pesawat Cessna 150 terlihat bagian mesinnya dengan terikat bagian ekornya, rodapun diganjal. Kuatir kabur pak, ujar salah satu Taruna. Ground Run-Up untuk pesawat biasanya dilaksanakan setiap minggu, namun pada kesempatan ini karena kegiatan praktikum maka dilaksanakan di lahan terbuka agar mendekati suasana di lapangan pekerjaan dan pastinya alasan keamanan.
Fungsi dari Ground Run-Up ini diperlukan di dunia kerja agar ketika pesawat masih di atas tanah dalam kondisi mesin menyala, jika ada keanehan dapat segera dihentikan untuk perbaikan. Sungguh akan menjadi hal fatal jika pesawat sudah Take Off tanpa ada perbaikan karena ini demi keselamatan bersama.

D3 Aeronautika Angkatan 20 Semester 5
Mereka melaksanakan praktikum dengan kegiatan meliputi pemeriksaan komponen pesawat hingga mesin pesawat dapat dinyalakan tidak sampai terbang tentunya.
Tahapan demi tahapan dilaksanakan :
- Pemeriksaan saluran bahan bakar, jangan sampai ada kebocoran.
- Pemeriksaan kelonggaran & fisik baling-baling pesawat.
- Pemeriksaan kemudi, rudder & aileron.
- Menyiapkan alat pemadam kebakaran untuk mengantisipasi kejadian tak terduga.
- Menyalakan mesin selama kira2 5-10 menit.
- Melakukan pemeriksaan kembali.
- Memasukan pesawat kembali ke dalam hanggar.

Mesin Cessna 150 Continental O-200
Perlu diketahui bersama bahwa pesawat Cessna 150 ini bermesin Continental tipe O-200, spesifikasi mesin sebagai berikut:
- Berpendingin udara.
- Pengabutan karburator.
- 4 piston bertolak belakang (sering disebut mesin boxer/horizontal/datar).
- Kapasitas ruang bakar 3290 CC.
- Bertenaga 100 daya kuda.
- Kompresi mesin 1:7.
Mesin pesawat ini menggunakan bahan bakar Avgas. Saat tulisan ini dibuat Avgas berharga di kisaran Rp.17.000 perliternya.
Sekarang mari kita lihat bagaimana mereka menyalakan mesin pesawatnya. jangan lupa untuk mengaktifkan speaker agar keseruan ini dapat dinikmati bersama.
Suara yang terdengar sungguh mirip mobil sport klasik dengan penggerak klep push rod terdengar merdu.
Harapannya dengan diadakan praktikum ini para lulusan STTKD mampu melaksanakan tugasnya dengan baik serta menambah percaya diri mereka saat mengabdi kepada masyarakat. (ys)
Sumber : Humas & D3 Aeronautika